Senin, 11 November 2013

Apa kaitannya sebuah Font dalam GUI ??

Menyambung dari postingan sebelumnya tentang font, Bagaimana sebuah font dapat diterima dimasyarakat . sekarang saya akan mencoba membahas tentang kaitannya Font dengan GUI ( Graphical User Interface).
pertama-tama kita akan membahas tentang pengertian dari GUI.

GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya.



Menurut saya pengaruh font dengan GUI itu sangatlah berkatian, kedua hal tersebut saling membutuhkan. font membutuhkan GUI dan begitupun sebaliknya, pertama-tama saya akan memberikan contoh yang pertama yaitu pada mesin pencari yang sudah tidak asing lagi bagi kita,yaitu GOOGLE , google menurut saya adalah web yang sangat efektif dalam meletekan kolom pencarian. karena letak kotak pencarian yang berada tepat ditengah, kotak tersebut akan langsung tertangkap oleh mata kita tanpa harus susah payah mencarinya.




di google warna font yang digunakan pun cukup menarik,dan juga menu nya mudah terjangkau oleh kursor, tanpa kita harus menggerakan jauh-jauh kursor mouse kita.

yang kedua adalah Tokobagus.com , kedua web ini sama-sama sebuah mesin pencari, namun bedanya google adalah mesin pencari informasi, namun tokobagus mesin pencari untuk berjualan. ditokobagus GUI dan Font yang digunakan dibuat lebih menarik, berbeda dengan google yang terlihat simpel tanpa banyak icon dan font yang berwarna. ditokobagus lebih banyak font dan icon yang berwarna, itu dilakukan agar menarik perhatian pembeli.



dan yang terakhir saya akan mencoba menjelaskan kaitan Font dengan GUI pada windows7. para pengguna windows di Indonesia sangatlah banyak, pasti dari sekian banyaknya pengguna tersebut,mereka sudah tidak asing lagi dengan menu-menu yang ada di windows7. yang pertama adalah menu START pada desktop,yang diwakilkan oleh gambar bendera windows dipojok kiri bawah. tombol start tersebut dibuat berwarna cerah dengan bentuk yang unik agar pengguna dapat dengan mudah melihatnya, karena dari tombol tersebutlah aplikasi-aplikasi di windows dapat dijalankan.



Jadi dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa Font dan GUI sangatlah berpengaruh, hal-hal yang mempengaruhinya diantaranya adalah :

1. Warna Font.
2. Posisi Font.
3. Ke Efisienan.
4. Bentuk yang menarik.
5. Dll.




http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-sejarah-singkat-gui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar