Jumat, 15 November 2013

Pemilihan warna yang tepat, grad line pemilihan warna

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penggunaan warna yang tepat, mengapa warna? karena dengan warna semuanya dapat menarik bahkan sebaliknya, dengan warna pula bisa menarik minat pengguna nya bahkan sebaliknya juga. pertama-tama saya akan membahas tentang Pengertian warna.





Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. 

selanjutnya sekarang saya akan membahas tentang Peneglompokkan warna.



  1. Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
  2. Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.
  3. Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
  4. Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.


dari penjelasan diatas,lalu bagaimana warna bisa dipilih dengan tepat? wana tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari, warna pula yang memberi identitas suatu benda atau apapun selain dari bentuknya. tanpa warna mungkin kita akan sulit membedakan benda yang sama. warna ada dikeseharian kita mulai dari Warna tembok rumah,warna pakaian kita,warna kendaraan kita, warna laptop kita dan masih banyak lagi penggunaan warna dalam keseharian kita. mungkin anda bisa membayangkan jika tidak ada warna dalam kehidupan kita ini, mungkin semua akan terlihat monoton. warna pula yang digunakan untuk membuat suatu produuk dapat diterima masyarakat atau tidak.

Pertama saya akan memberikan contoh penggunaan warna pada sebuah iklan atau spanduk yang biasanya suka bertebaran ditepi-tepi jalan raya,bahkan kadang ditiang listrik. sebuah spanduk biasanya menggunakan warna yang sangat mencolok untuk menarik perhatian pembaca, tanpa warna mungkin spanduk itu akan diabaikan begitu saja oleh orang-orang yang melintasi spanduk tersebut.

Contoh yang kedua adalah warna pada pakaian, dicontoh yang kedua saya mengambil warna pakaian,karena darisini masalah timbul begitu kompleks. dan perbedaan sudah mulai terlihat. warna pada pakaian kadang dipengaruhi oleh Individu itu sendiri dan juga jenis kelamin. seorang pria biasanya akan memilih pakaian yang warnanya simpel dan terkesan agak halus. lain halnya dengan wanita,wanit justru kadang menyukai pakaian yang warna nya rame dan mencolok. sifat juga mempengaruhi seseorang dalam memilih warna. orang yang pendiam biasanya akan menggunakan pakaian yang warna nya lembut dan netral.

Contoh yang ketiga saya akan masuk kearah teknis warna itu dipilih. menurut saya,warna dipilih juga karena background dari objek tersebut, contoh jika ada suatu background berwarna putih , maka untuk menghasilkan perpaduan yang indah warna objek harus berwarna gelap. jadi warna objek dan background atau latar juga saling terkait.

Contoh yang ke empat adalah keadaan dan fungsinya. fungsi menurut saya juga mempengaruhi mengapa warna tersebut dipilih, contoh untuk membuat suatu iklan warna yang digunakan harus menarik dan mencolok, lain halnya untuk warna lampu, warna lampu dipilih berdasarkan fungsinya, biasanya lampu kamar akan dibuat lebih redup ketimbang lampu ruang kerja.

Jadi dari artikel ini ada beberapa hal yang menurut saya warna dapat dipilih, yaitu Individu,Keadaan dan fungsinya. intinya semua hal akan menarik jika berwarna.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar