Senin, 11 November 2013

Bagaimana sebuah FONT dapat diterima di masyarakat?

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang font, bagaimana font dapat diterima dimasyarakat? disini kita akan coba mencari tahu hal apa saja yang akan mempengaruhi font tersebut dapat diterima dimasyarakat. sebelum kita mulai mencari tahu apa saja yang mempengaruhi font dapat diterima dimasyarakat, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu ilmu yang mempelajari tentang font, ilmu yang mempelajari tentang font disebut Tipografi. disini kita akan mengenal sedikit tentang ilmu tipografi tersebut.


ada beratus-ratus bentuk font,bahkan bisa beribu-ribu. tapi dari seringnya kita menggunakan font,apakah kita tahu apakah pengertian dari font??

Font
merupakan berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol. Meski pada awalnya fon merujuk pada suatu bentuk dan ukuran yang tetap, sejak tahun 1990-an, terminologi fon umumnya lebih merujuk pada bentuk-bentuk huruf ataupun ikon yang bersifat dinamis yang bisa diperbesar atau diperkecil ukurannya pada saat pencetakan.

Tipografi
tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Sekarang setelah kita mempelajari tentang font dan tipografi, maka sekarang kita akan mencari tahu apa saja yang dapat membuat font, dari sekian banyaknya hal yang mempengaruhi nya,saya akan membahas beberapa hal saja yang saya ketahui.

1. Individu
dari banyaknya hal yang mempengaruhi,pertama-tama saya akan membahas tentang individu,individu yang dimaksud adalah jenis kelamin,sifat,dan hobi. karena pada dasarnya perbedaan jenis kelamin kadang         mempengaruhi dalam penggunaan font. contohnya kebanyakan Pria menggunakan font yang terlihat     tegas,tidak terlalu banyak lekukan. sebaliknya Wanita justru kebanyakan menggunakan font yang terlihat lebih halus dan indah. Sifat juga mempengaruhi seseorang dalam memilih font, jika orang mempunya sifat tempramental atau pemarah,maka dia biasanya akan menggunakan font yang tegas dan simpel. tapi jika sifatnya pendiam,biasanya ia akan menggunakan font yang halus namun tetap tegas. dan yang terakhir adalah hobi,hobi seseorang juga akan mempengaruhi orang tersebut dalam memilih font, jika orang seni maka ia akan memilih font yang lebih indah. dan masih banyak lainnya.

2. Keadaan

Faktor keadaan juga mempengaruhi seseorang dalam memlih font, contoh dalam suatu pembuatan hal yang bersifat formal atau resmi,seperti skripsi ,lamaran pekerjaan,maka font yang digunakan cenderung ke font yang simpel namun tetap terlihat bagus,rapi dan menarik. namun lain halnya jika membuat undangan,biasanya font yang digunakan akan lebih mengarah ke font yang indah dan unik,agar undangan tersebut dapat menarik.

3.Posisi Font

Faktor yang ketiga menurut saya adalah posisi font tersebut berada, biasanya dalam membuat sebuah dokumen dan dikejar oleh waktu,maka pengguna akan lebih memilih font yang letaknya berada paling atas dalam menu pilihan font, seperti arial,courier,calibri tanpa harus melihat font yang masih banyak lagi dibawahnya.




Jadi itulah 3 Faktor yang menurut saya berpengaruh agar diterima dimasyarakat.

Terimakasih , dan semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar