Sabtu, 20 Oktober 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA

Dijaman yang serba canggih ini banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat , salah satu contoh perkembangan teknologi yang saat ini paling banyak manfaatnya adalah Teknologi Internet , hampir semua orang mengenal Internet mulai dari anak SD sampai umur Lansia. teknologi internet "menjamur" dengan cepat dimasyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Semua kemajuan jaman ini hendaknya disikapi dengan Bijak dan Positif,jangan sampai semua kemajuan jaman ini justru merusak moral pengguna nya. semua itu tergantung kepada pengguna itu sendiri bagaimana ia menyikapi kemajuan ini,bisa dengan hal positif dan juga hal negatif. lalu apa saja-kah Kelebihan dan kekurangan Teknologi Internet dan new media dibidang-bidang tertentu? disini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan teknologi internet dan new media dalam bidang : Hiburan,Media sosial,Edukasi, dan Informasi.

1. HIBURAN

Teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.

Kelebihan : Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.

Kekurangan : Membuat waktu kosong jadi sia-sia hanya dengan bermain game online,seharusnya masih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan dibanding hanya dengan Bermain Game

2. MEDIA SOSIAL

Mungkin dibidang ini adalah salah satu teknologi internet yang paling banyak pengguna nya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti : Facebook,Twiter,skype,dan masih banyak lagi. disebut sosial karena dengan teknologi ini anda dapat Bersosialisasi bersama banyak orang yang andal kenal bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya.

Kelebihan : Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.

Kekurangan : Bisa berpotensi tindak kejahatan via jejaring sosial,mulai dari perampokan,pencurian,penipuan,bahkan pembunuhan jika pengguna nya tidak waspada dalam menyikapi jejaring sosial nya.

3. EDUKASI

Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.

Kelebihan : Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas.

Kekurangan : Terlalu sering belajar dari internet membuat pengguna nya cepat jenuh dan bosan saat harus belajar langsung tanpa internet. dan menurunkan minat baca Buku.

4. INFORMASI

Di internet bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali, mulai dari kompas.com,yahoo.com,viva news dsb. mulai dari informasi gaya hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya tersedia di internet

Kelebihan : Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh Dunia.

kekurangan : terlalu banyak spekulasi yang tidak jelas dan tidak pasti di beberapa situs. membuat pengguna nya malas membaca media informasi seperti koran, karena pengguna berpikir Internet lebih Cepat. tetapi semua informasi di Internet belum tentu akurat, semua itu kembali lagi kepada diri kita bagaimana kita bisa memilah-milah antara informasi yang akurat atau tidak.





Jumat, 05 Oktober 2012

PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA

Disini saya akan mencoba membahas sedikit tentang apa itu Pengantar teknologi internet dan new media.  Pertama kita bahas mengenai pengertian dari teknologi internet. Teknologi merupakan cara untuk mencapai tujuan yang lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan cara primitif yang digunakan sebelumnya. Teknologi lebih berbau ke kehidupan modern atau sekarang dan masa depan. Tanpa teknologi, cara berpikir dan tingkah laku masyarakat akan tetap ketinggalan zaman dan lebih sulit. Jadi, teknologi membantu manusia dalam menjalani kelangsungan-hidupnya dan member kenyamanan bagi hidup manusia.
 
            Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti hubungan antar beberapa jaringan, yang dapat pula diartikan sebagai sistem global(dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP). Para pengguna internet bisa berbagi informasi satu sama lainnya, mulai dari teks, gambar, audio, video, dan lainnya dengan mudah. Waktu dan jarak pun menjadi tidak begitu berarti.
            Nah, sekarang yang kita bahas, apa itu new media? New media merupakan istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir dari abad ke-20. Yang membedakan new media dengan traditional media adalah digitalisasi konten ke bit. Contohnya, new media mengulurkan kemungkinan on-demand akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar konten media.
           
            Teknologi internet dan new media, memberikan potensi untuk demokratis postmodern ruang publik, dimana warga Negara dapat berpartisipasi dalam debat baik informasi, non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. New media sebagai teknologi komputer digunakan sebagai platform distribusi, merupakan objek budaya yang menggunakan teknologi computer digital untuk distribusi dan pameran. Misalnya, internet, situs web, multimedia computer, blu-ray disk,  dan lain-lain.
DEFINISI
Konsep dasar dari New media adalah suatu media baru dimana media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New media dapat diartikan sebagai suatu media sosial yang dapat mempermudah seseorang untuk menerima atau memberi suatu informasi. Teknologi yang paling digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Contoh dari macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial, Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi secara  digital.
     
Menurut Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New media didefinisikan menjadi delapan bagian, adapun 3 bagian diantaranya adalah :
Ø        Media baru vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
Ø    New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang  berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.
Ø    New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya.
             PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan sebuah sarana baru yang dapat membantu kita untuk meningkatkan interaksi sosial dengan manusia lainnya dengan menggunakan berbagai macam alat digital seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Smartphone juga bisa dikatakan sebagai perangkat keras new media selain komputer PC. Pengguna Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengguna Ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah saja, dimana dengan Smart Phone dan bantuan koneksi internet, kita dapat lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar saat ini. Saya sebagai salah satu contoh pengguna sarana new media, yaitu Blog dan Situs Jejaring Sosial, merasakan banyak sekali manfaat yang di dapat, contohnya kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin kita tahu dan masalah yang mungkin belum kita ketahui baik itu tentang pelajaran, hiburan, bisnis, dan manfaat yang paling utama adalah akses untuk berinteraksi dengan manusia lainnya.
               KOMPONEN NEW MEDIA
                        Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial layaknya penggunaan PC dengan bantuan jaringan internet. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar, bahkan dengan manusia dari belahan dunia yang lain (global). Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita dalam hal mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internet atau pun Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
                MANFAAT NEW MEDIA
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan bagi kita, manusia, yang pada hakekatnya sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari New Media diantaranya :
Ø    Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa new media telah memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan user-generated media lainnya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna sarana new media lainnya secara global.
Ø    Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media sebagai sebuah wadah atau sebagai alat untuk para aktivis dalam menyampaikan aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak, sesuatu tentang sindiran, pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan menimbulkan sebuah perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat luas. Mereka biasanya menggunakan sarana website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
Ø    Keamanan nasional
New Media juga baru-baru ini menjadi "sasaran" menarik bagi para komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian mungkin akan direkayasa oleh pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, merupakan dua situs yang menarik bagi para komunitas spionase, karena setiap orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk melakukan pengecekkan keamanan nasional.
Ø    Interaktifitas dan media baru
Interaktifitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru dalam menggunakan pilihan yang berkembang mulai dari penyebaran cepat jalur akses Internet, hingga digitalisasi media dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktifitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media akan mengalami perubahan secara terus menerus karena berbagai faktor seperti selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna itu sendiri, munculnya teknologi baru yang berkembang, perubahan budaya, dll

APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
            Banyak aplikasi-aplikasi dari new media yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan manusia lain atau pun hanya untuk sekedar mencari informasi. Berbagai macam aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya :
Ø    Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring sosial ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.
Ø    Twitter
    Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.
Ø    YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang dapat diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
Ø    Wikipedia
Wikipedia, sebuah aplikasi new media yang bukan merupakan salah satu dari bentuk social networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merupakan salah satu fasilitas edukasi yang ditawarkan, dimana pengaksesannya menggunakan media elektronik seperti internet.
Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah, spesialis, dan topik topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas yang artikelnya ditulis oleh para ahli Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
Ø    Foursquare
       Foursquare, ini adalah sebuah aplikasi layanan sosial yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerakpesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
 Sumber referensi :
http://mojomakearocket.blogspot.com
http://putrikhairanikoto.blogspot.com/2011/10/pengantar-teknologi-internet-dan-new.html


Waktu Pembuatan :
Jumat 5 Oktober 2012
18:15
 

Senin, 07 Mei 2012

H. MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

 masyarakat dan kebudayaan dimanapun selalu dalam keadaan berubah.sekalipun masyarakat dan kebudayaan primitif yang terisolasi dari berbagai hubungan dengan masyarakat lainnya.penyebab terjadinya gerak/perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :

1. sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri.
2. sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.

perubahan ini selain karena jumlah penduduk dan komposisinya juga karena adanya difusi kebudayaan.
proses alkuturasi di dalam sejarah kebudayaan terjadi dalam masa silam.biasanya suatu  masyarakat hidup bertetangga dengan masyarakat-masyarakat lainnya dan antara mereka terjadi hubungan-hubungan,mungkin dalam lapangan perdagangan pemerintahan dan sebagainya. beberapa masalah yang menyangkut proses tadi adalah :

A. unsur-unsur kebudayaan asing manakah yang mudah diterima.
     unsur-insur yang terbukti membawa manfaat besar,misalnya radio,komputer telepon dsb.
B.unsur-unsur kebudayaan asing manakah yang sulit diterima.
     unsur-unsur yang menyangkut sistem kepercayaan seperti ideologi.filsafah hidup dan lain-lain.
C. individu manakah yang cepat menerima unsur-unsur yang baru.
     yaitu Generasi Muda.
D. Ketegangan-ketegangan apakah yang timbul sebagai akibat akulturasi tersebut.
     selalu ada kelompok-kelompok individu yang sukar sekali atau bahkan tak dapat menyesuaikan diri dengan  pery\ubahan-perubahan yang terjadi.

faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru diantaranya :

1. terbatasnya masyarakat memiliki hubungan dengan sekitarnya.
2. ditentukan oleh nilai-nilai agama , dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada.
3. corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru.
4.jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan
5.apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas.

I. KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan. dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.
hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat. maksudnya saling terkait.(dialektis). melalui tiga tahap yaitu :

1. Eksternalisasi yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunia nya.
2. Obyektivasi yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif.
3. Internalisasi yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh masyarakat.


Lanjutan bahasan materi Bab2 Manusia_dan_kebudayaan.


DAFTAR PUSTAKA :
http://elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_wrapper&Itemid=36
http://gunadarma.ac.id/













 
    
   

Minggu, 15 April 2012

BAB 5 MANUSIA DAN KEINDAHAN

1.     .  Tata nilai yang telah usang

   Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan.contoh:

·        Kawin paksa
·        Pingitan
·        Derajat wanita lebih rendah dari lelaki

 Contoh novel yang menggambarkan keadaan ini :

·        Layar terkembang (Sutan Takdir Alisyahbana)
·        Siti nurbaya (Marah Rusli)

2.    .   Kemerosotan jaman

   Keadaan yang merendahkan derajat dan nilai kemanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral. Dapat diketahui dari :

·        Tingkah laku
·        Perbuatan bejad
·        Melupakan Aqidah dan ajaran Agama
·        Tidak memikirkan moral

Contoh karya seni yang dikemukakan oleh W.S.Rendra dengan judul “Bersatulah pelacur-pelacur kota Jakarta”.


Pelacur-pelacur kota jakarta
Dari kelas tinggi dan kelas rendah
Telah diganyang
Telah diburu-buru

Mereka kecut
Keder
Terhina dan tersipu-sipu
Sesalkan mana yang mesti kau sesalkan
Tapi jangan kau kelewat putua asa
Dan kau relakan dirimu dibikin korban

Wahai pelacur-pelacur kota jakrta
Sekarang bangkitlah
Sanggul kembali rambutmu
Karena setelah menyesal
Datanglah kini giliranmu
Bukan untuk membela diri melulu
Tapi untuk lancarkan serangan
Karena
Sesalkan mana yang mesti kau sesalkan
Tapi jangan kau rela dibikin korban

Sarinah
Katakan kepada mereka
Bagaimana kau dipanggil ke kantor menteri
Bagaimana ia berbicara panjang lebar kepadamu
Tentang perjuangan nusa bangsa
Dan tiba-tiba tanpa ujung pangkal
Ia sebut kau inspirasi revolusi
Sambil ia buka kutangmu

Dan kau, Dasima
Kabarkan kepada rakyat
Bagaimana para pemimpin revolusi
Bicara tentang kemakmuran dan api revolusi
Sambil celananya basah
Dan tubuhnya lemas
Terkapar disampingmu
Ototnya keburu tak berdaya

Poliisi dan pegawai tinggi
Adalah culak yang rapi
Kongres-kongres dan konprensi

Tak pernah berjalan tanpa kalian
Kalian tak pernah bisa bilang “tidak”
Lantaran kelaparan yang menakutkan
Kemiskinan yang mengekang
Dan telah lama sia-sia cari kerja

Ijazah sekolah tanpa guna
Para kepala jawatan
Akan membuka kesempatan
Kalau kau membuka paha
Sedang diluar pemerintahan
Perusahaan-perusahaan macet
Lapangan kerja tak ada
Revolusi para pemimpin
Adalah revolusi dewa-dewa
Mereka berjuang untuk sorga
Dan tidak untuk bumi

Revolusi dewa-dewa
Tak pernah menghasilkan
Lebih banyak lapangan kerja
Bagi rakyatnya
Kalian adalah sebagian kaum penganggur
Yang mereka ciptakan
Namun
Sesalkan mana yang mesti kau sesalkan
Tapi jangan kelewat putus asa
Dan kau rela dibikin korban

Pelacur-pelacur kota jakarta
Berhentilah tersipu-sipu
Ketika kubaca dikoran
Bagaimana badut-badut mengganyang kalian
Menuduh kalian sumber bencana negara
Aku jadi murka
Kalian adalah temanku
Ini tidak bisa dibiarkan

Astaga
Mulut-mulut badut
Mulut-mulut yang latah
Bahkan sex mereka berpolitikan

Saudari-saudariku
Memburkan kalian
Tidak semudah membubarkan partai politik
Mereka harus beri kalian kerja
Mereka harus pulihkan derajat kalian
Mereka harus ikut memikul kesalahan
Saudari-saudariku
Ambillah galah
Kibarkan kutang-kutangmu diujungnya
Araklah keliling kota
Sebagai panji-panji yang telah mereka nodai
Kini giliranmu menuntut
Katakanlah kepada mereka
Menganjurkan mengganyang pelacur
Adalah omong kosong

Pelacur-pelacur kota jakarta
Saudari-saudariku
Jangan melulu keder pada lelaki
Dengan mudah
Kalian bisa telanjangi kaum palsu
Naikkan tarifmu dua kali
Dan mereka akan kelabakan
Mogoklah satu bulan
Dan mereka akan puyeng
Lalu mereka akan jina
Dengan istri saudaranya

ARDITO ADI RAMADHAN
51411060

Sumber :
http://gunadarma.ac.id/

Kamis, 15 Maret 2012

Teknik menggunakan DSLR

       Dalam menggunakan DSLR untuk mengambbil gambar dalam keadaan cukup cahaya, atau keadaan siang hari memanglah mudah, dan cukup sedikit hambatan yang kita hadapi. Gambar biasanya akan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan masalah yang kita hadapi pada saat menggunakan DSLR adalah kelebihan cahaya atau tidak fokus, untuk menghadapi masalah itu kita bisa menggunakan alat pengurang cahaya yaitu 'Tulip Lens' kita tinggal memasangnya diujung lensa.

       Lalu bagaimana dengan masalah yang kita hadapi jika di malam hari? Pada malam hari biasanya banyak hambatan yang kita hadapi, mulai dari minim cahaya, gambar bluring dsb. untuk menghadapi hal tersebut kita dapat menggunakan macam-macam alat dan juga teknik.
       Agar gambar yang kita foto tidak bluring, kita bisa meletakkan DSLR di tripod atau tempat yang datar, tempat atau benda yang tidak tersentuh atau tidak mudah bergerak-gerak. seperti di Tripod, meja dsb. Lalu gunakan ISO tertinggi pada kamera anda, biasanya menggunakan ISO 1600,3200 bahkan 6400. Jika sudah, gunakan timer untuk menjepret gambar. Mengapa menggunakan timer , karena menggunakan timer akan mengurangi getaran atau goyangan pada saat kita menekan tombol untuk menjepret pda kamera.

Gambar diatas adalah salah satu contoh dari teknik dengan tidak menggunakan Flash

       Lalu bagaimana jika ingin menggunakan gambar Bluring pada kamera anda tapi dengan hasil yang unik? pada setiap kamera caranya berbeda-beda, tapi dengan teknik yang sama yaitu 'Bulb'. Untuk kali ini sayan gunakan kamera Sony Alpha 290, Cara pertama adalah siapkan benda yang menyala seperti senter, lampu, atau benda apapun yang menyala, lalu pindah ke mode yang bertuliskan M pada kamera anda, lalu geser shuter speed anda kedalam speed terendah, hingga ada bacaan 'Bulb'.
       Lalu dalam teknik ini anda tidak perlu menggunakan Tripod atau benda bantuan lainnya, anda cukup menggunakan tangan anda sendiri, caranya ada 2 :

( 1 ) letakkan benda yang bercahaya tadi disuatu tempat, lalu tekan tombol untuk foto, lalu goyang-goyangan kamera anda sesuai keinginan, hingga proses foto selesai.

(2) Gunakan bantuan orang lain untul memegang benda yang bercahaya tersebut, dan untuk memutar2 benda tersebut, dalam keadaan kamera kita yang sedang menjepret.


Contoh hasil gambar

       Jika sudah kita dapat menggunakan bantuan software untuk mengedit gambar untuk memper-unik foto anda, seperti Photoshop, Coreldraw, dsb.

Contoh hasil yang telah di edit.


www.gunadarma.ac.id


Sumber gambar Tulip lens :
http://www.mtitechclub.org/zeikos-52mm-professional-tulip-hard-lens-hood 

Rabu, 04 Januari 2012

SAYA DAN UNIVERSITAS GUNADARMA

Nama saya ARDITO ADI RAMADHAN , saya lahir di Jakarta 23 Januari 1993. saya tinggal di Depok,Jawa Barat. semenjak kecil saya mempunyai keinginan untuk menjadi ahli teknologi,karena dimasa ini teknologi sangat dibutuhkan dimanapun. tanpa teknologi pasti akan lebih sulit,karena teknologi membantu dalam kehidupan sehari-hari. semenjak SMA saya lebih memperdalam ilmu yang berhubungan dengan teknologi,seperti komputer baik software dan hardwarenya,begitu juga dengan jaringan komputer. ketika SMA saya sempat berfikir untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang teknologinya sudah maju, atau kualitas fakultas teknologinya baik. dan semua itu ada di Universitas Gunadarma,karena Universitas Gunadarma sudah sering masuk kedalam urutan 10 besar terbaik di Indonesia. setelah lulus UN SMA,saya memutuskan untuk masuk Universitas Gunadarma,karena saya ingin menjadi ahli teknologi. dan di Gunadarma saya mengambil Jurusan TEKNIK INFORMATIKA. saya sempat berfikir ini akan sulit dijalani,tapi saya yakin dengan kemauan dan usaha semua kesulitan itu akan menjadi lebih mudah, setelah masuk kuliah,saya sudah merasa nyaman dengan teman-teman yang berada dikelas saya.dengan dosen yang rajin mengajar saya berharap saya bisa sukses setelah lulus dari Uiversitas Gunadarma,bahkan saya berharap saya bisa sukses sebelum lulus dari Universitas Gunadarma. Bagi saya Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi swasta tak ada bedanya. PT(Perguruan Tinggi) bagi saya hanya sebuah jembatan untuk mencapai suatu tujuan, asal ada kemauan pasti kita bisa. dan saya akan membuat Universitas Gunadarma menjadi nomor 1 di Indonesia bahkan Dunia. semoga Universitas Gunadarma menjadi lebih baik dari yang lain.

PERBEDAAN OOP DAN SISTEM TERSTRUKTUR


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang masalah

Pada makalah ini akan dibahas tentang perbedaan sistem OOP dan sistem terstruktur. Banyak perbedaan diantara OOP dan sistem terstruktur,terutama dilihat dari segi Software dan Tools nya. Sistem terstruktur sendiri mempunyai 2 cara,yaitu DFD (data flow diagram) dan ERD (entity relationship diagram),DFD yaitu adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. Sedangkan ERD adalah cara untuk mendeskripsikan perancangan basis data pada peringkat logika. ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam system secara abstrak. ERD berbeda dengan DFD(Data Flow Diagram) yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan oleh system, sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan relationship data. Sedangkan OOP sendiri adalah Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.  Ada dua bagian penting dalam Object Oriented Programming yaitu properties dan event. Properties memiliki nama dan nilai, sementara event hanya memiliki nama dan biasanya berhubungan dengan method, behavior, function dan action.

B.      Rumusan masalah

1.      Apa Pengertian sistem orientasi objek / OOP
2.      Apa Pengertian DFD (data flow diagram)
3.      Apa Pengertian ERD (entity relationship diagram)
4.      Bagaimana cara membuat OOP
5.      Bagaimana cara membuat ERD
6.      Bagaimana cara membuat DFD
7.      Apa saja software yang digunakan DFD dan ERD
8.      Apa saja software yang digunakan OOP
9.      Apa saja perbedaan sistem orientasi objek dan sistem terstruktur
10.  Apa saja kelebihan dan kekurangan OOP
11.  Apa saja kelebihan dan kekurangan DFD

C.      Tujuan penulisan

Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membuka mata orang yang awam tentang sistem OOP (sistem orientasi objek) dan DFD (data flow diagram) beserta ERD (entity relationship diagram). Agar pembaca juga mengerti apa saja perbedaan OOP dan DFD,ERD baik dari segi pembuatan,software dan sebagainya.


D.     Metode penulisan

Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah menggunakan metode pustaka yaitu penulis menggunakan media pustaka dalam penyusunan makalah ini.Dan penulis juga menggunakan dokumen sendiri untuk pembuatan makalah ini.



BAB II
PERBEDAAN DARI SISTEM ORIENTASI OBJEK(OOP) DAN SISTEM TERSTRUKTUR (DFD,ERD)


1.      Apa pengertian sistem orientasi objek / OOP

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.  Ada dua bagian penting dalam Object Oriented Programming yaitu properties dan event. Properties memiliki nama dan nilai, sementara event hanya memiliki nama dan biasanya berhubungan dengan method, behavior, function dan action.
Dalam melakukan pemecahan masalah Object Oriented Programming tidak memandang bagaimana cara memecahkan suatu masalah secara terstruktur, melainakn bagaimana suatu masalah itu dapat diselesaikan dengan menentukan objek-objek apa saja yang dapat memecahkan masalah tersebut.

 2.      Apa pengertian DFD (data flow diagram)

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantuuntuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas.

 DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yangsedang berjalan logis. Dalam sumber lain dikatakan bahwa DFD ini merupakan salahsatu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsisistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yangdimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yangmemberikan penekanan hanya pada fungsi sistem. DFD ini merupakan alatperancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisidapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yangmudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuatprogram.Suatu yang lazim bahwa ketika menggambarkan sebuahsistem kontekstual data flowdiagramyang akan pertama kali muncul adalah interaksi antara sistem dan entitasluar. DFD didisain untuk menunjukkan sebuah sistem yang terbagi-bagi menjadisuatu bagian sub-sistem yang lebih kecil adan untuk menggarisbawahi arus dataantara kedua hal yang tersebut diatas. Diagram ini lalu "dikembangkan" untukmelihat lebih rinci sehingga dapat terlihat model-model yang terdapat di dalamnya. merupakan alat yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir ataupun lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan.


3.      Apa pengertian ERD (entity relationship diagram)

adalah menyediakan cara untuk mendeskripsikan perancangan basis data pada peringkat logika. ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. ERD adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam system secara abstrak. ERD berbeda dengan DFD(Data Flow Diagram) yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan oleh system, sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan relationship data.



4.      Bagaimana cara pembuatan OOP

Untuk membuat program java anda membutuhkan softwarenya
diantaranya software  : drjava-stable-20080904-r4668

maka anda dapat membuat sintaknya didalam program terebut

kemudian setelah program di buat kemudian andasimpan, yaitu
pilih menu save. kemudian di compile, menunya ada di pojok kanan atas.
setelah di compile anda bisa menjalankan program tersebut dengan menklik menu RUN.

5.      Bagaimana cara pembuatan ERD

Menentukan Entity
    • Disini kita dituntut untuk menentukan dengan cermat sebuah entity yang ada dalam suatu proyek atau masalah. Entity berguna untuk menentukan peran, kejadian, lokasi, hal nyata dan konsep penggunaan untuk database
Menentukan Relasi
    • Setelah kita berhasil membuat Entity, langkah selanjutnya adalah menentukan relasi antar entity. Relasi apa yang terdapat antara Entity A dan B, apakah entity A dan B memiliki relasi "one to one", "one to many", atau "many to many".
Gambar ERD sementara
    • Jika sudah mengetahui Entity beserta Relasinya, sekarang kita buat dulu gambar ERD sementara. Entity digambarkan dengan persegi, relasi digambarkan dengan garis.
Isi kardinalitas
    • Kardinalitas menentukan jumlah kejadian satu entitas untuk sebuah kejadian pada entitas yang berhubungan. Contohnya antara Entitas Buku, Distributor dan Pengarang, kardinalitas yang ada berupa:
      • Satu pengarang dapat menulis banyak buku
      • Satu buku ditulis satu pengarang
      • Banyak buku di distribusikan oleh satu distributor.
    • Dari sini kita bisa mengetahui harus memberi relasi apa. One to one kah?, dsb.
Tentukan Primary Key (Kunci Utama)
    • Menentukan Primary Key pada masing-masing entity. Primary Key adalah atribut pada entity yang bersifat unik. Jadi setiap entity hanya memiliki satu Primary Key saja. Contoh: Entity Buku memiliki Primary Key bernama kode buku. Kode Buku ini bersifat unik, karena masing-masing buku memiliki kode yang berbeda-beda.
    • Tentukan pula Foreign Key (Kunci Tamu) pada masing-masing Entity. Foreign Key adalah Primary Key yang ada dalam Entity yang lain. Contoh pada Entity Pengarang misalnya terdapat atribut kode buku, yang mana, kode buku merupakan Primary Key dari Entity buku.
Gambar ERD berdasarkan Primary Key
    • Menghilangkan relasi "many to many" dan memasukkan Primary dan Foreign Key pada masing-masing entitas. Relasi many to many antar entity perlu dihilangkan dengan cara menambah atribut baru antara 2 entity yang memiliki relasi many to many.
Menentukan Atribut
    • Jika sudah melakukan step diatas, sekarang saatnya menentukan atribut pada masing-masing Entitas. Telitilah dalam menentukan atribut.
Pemetaan Atribut
    • Apabila atribut telah ditentukan, sekarang pasang atribut dengan entitas yang sesuai.
Gambar ERD dengan Atribut
    • Mengatur ERD seperti langkah 6 dengan menambahkan atribut dan relasi yang ditemukan.
Periksa Hasil
Periksa lagi ERD. Apakah ERD sudah menggambarkan system yang akan dibangun? Jika belum, check kembali dari awal.





6.      Bagaimana cara pembuatan DFD

Penamaan Yang Jelas
1.      Setiap entitas diberi nama yang sesuai dengan suatu kata benda.
2.      Nama aliran data dalam kata benda karena menunjukkan seseorang, tempat atau sesuatu.
3.      Proses diberi nama menggunakan format kata kerja - kata sifat - kata benda untuk proses-proses yang rinci.
4.      Penyimpanan data diberi nama dengan suatu kata benda.
Memberi nomor pada proses
1.      Nomor yang diberikan pada proses tidak harus menjadi nomor urut.
2.      Penomoran dimaksudkan sebagai identifikasiproses dan memudahkan penurunan (level yang lebih rendah) ke proses berikutnya.
3.      Untuk proses primitif selain diberi nomor juga diberi tanda khusus (biasanya tanda *) untuk menyatakan bahwa proses tersebut tidak dirinci lagi.
Pengggambaran kembali
1.      Ukuran dan bentuk lingkaran tetap sama.
2.      Panah yang melengkung dan lurus tidak jadi masalah.
Hindari proses yang mempunyai masukan tetapi tidak mempunyai keluaran begitu juga sebaliknya hindari proses yang mempunyai keluaran tetapi tidak mempunyai masukan.

7.      Apa saja software yang digunakan DFD dan ERD

Dalam pembuatan DFD ada bebarpa software yang digunakan, diantaranya :

1.      Microsoft Visio
2.      Smart Draw
3.      Sybase Power Design
4.      Edraw Max V 5.0
5.      Concept draw office









8.      Apa saja software yang digunakan dalam OOP

Software yang digunakan dalam OOP adalah :

Semua software yang berbasis java bisa


9.      Apa saja perbedaan OO dan terstruktur


Sistem terstruktur
Object oriented
Methodology
SDLC
Iterative/incremental
Focus
Process
Objects
Risk
High
Low
Reuse
Low
High
Maturity
Mature and widespread
Emerging
Suitable for
Well-defined projects with stable user requirements
Risky large projects with changing user requirements

10.  Apa saja kelebihan dan kekurangan OOP

Kelebihan :

a.       Responsif terhadap perubahan

b.      Enkapsulasi

c.       Sederhanakan Pengujian, debugging

d.      Mudah untuk memahami

e.       Hindari menciptakan kembali roda

f.        Lebih mudah untuk mengelola, untuk mempertahankan

Off-the-shelf software


Kekurangan :

a. Lebih dari generalisasi
b. Buatan kelas hubungan

c. Komplikasi yang tidak perlu


11.  Apa saja kelebihan dan kekurangan DFD

1.  DFD membantu para analis sitemmeringkas informasi tentang sistem,mengetahui hubungan antar sub-subsistem, membantu perkembanganaplikasi secara efektif.DFD tidak menunjukkan prosespengulangan (loop).

2. DFD berfungsi sebagai alat komunikasiyang baik antara pemakai dan analissistem.DFD tidak menunjukkan prosesperhitungan.

3. DFD dapat menggambarkan sejumlahbatasan otomasi (teknik untuk membuatperangkat, proses, atau sistem agarberjalan secara otomatis) untukpengembangan alternatif sistem fisik.

Kekurangan :

1.DFD tidak menunjukkan prosespengulangan (loop).

2.DFD berfungsi sebagai alat komunikasiyang baik antara pemakai dan analissistem.DFD tidak menunjukkan prosesperhitungan.

3.DFD dapat menggambarkan sejumlahbatasan otomasi (teknik untuk membuatperangkat, proses, atau sistem agarberjalan secara otomatis) untukpengembangan alternatif sistem fisik.DFD tidak memperlihatkan alirankontrol.

4.Lemah dalam konsep model untukpendeskripsian data dan basis data
















KESIMPULAN
Kesmpulan dari makalah ini adalah OO dan sistem terstruktur (DFD & ERD) tidak beda jauh jika ditinjau dari cara pembuatannya. Tetapi secara software jelas berbeda,karena sistem terstruktur adalah awal dari pembuatan suatu rancangan,tetapi OO adalah suatu sistem yang sudah ada di dalam aplikasi.

SARAN
Semoga dihari yang akan datang akan ada lagi teknologi-teknologi terbaru untuk membuat sebuah rancangan , bukan hanya OO dan sistem terstruktur tetapi juga ada yang lainnya yang lebih baik dan lebih mudah.

DAFTAR PUSTAKA

http://redmycloudy.blogspot.com/2009/11/beberapa-pengertian-tentang-data-flow.html

http://firmarudin.wordpress.com/cara-membuat-program-oop-java/

http://world-of-programmer.blogspot.com/2010/01/download-easycase-420.html

http://tepan.wordpress.com/tag/dfd-software-erd-mind-map/

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.slideshare.net/mksaad/structure-vs-object-oriented-analysis-and-design