Jumat, 17 Oktober 2014

Perkembangan bisnis di bidang IT



Perkembangan Penggunaan TIK

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi
didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software),  komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Bentuk awal telekomunikasi berskala nasional adalah telegrap. Teknologi berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon, yang pada gilirannya menjangkau bagian yang lebih luas dari permukaan Bumi. Dengan penggunaan teknologi kabel lintas-lautan (transoceanic cables), berbagai wilayah yang terpisah oleh laut menjadi terhubungkan menjelang akhir 1900.
Bisa dibilang akhir-akhir ini kehidupan kita tak pernah lepas dari apapun yang berhubungan dengan TI atau teknologi informasi mulai dari pendidikan,penjualan, dan masih banyak yang lainnya yang akan kita bahas disini. Teknologi digunakan karena bisa mengurangi beban yang seharusnya ada, seperti resiko kerja, waktu, dan masih banyak yang lainnya. Dan bidang – bidang bisnis yang menggunakan IT adalah sebagai berikut :

1.       Bidang Pendidikan

    1. Alat bantu belajar dan test
Dengan teknologi dalam pendidikan, bisa digunakan untuk membantu murid dalam belajar, seperti contoh pengunaan Proyektor. Dan untuk Ujian kita bisa memeriksa hasilnya dengan scanner.

    1. Learning by doing
Murid dapat belajar secara mandiri dengan mengikuti contoh – contoh yang sudah ada sebelumnya.

    1. Computer based instruction
Murid dapat mengerjakan instruksi – instruksi atau tugas dengan menggunakan komputer.

    1. E-Learning
Electronic Learning atau belajar secara elektronik dapat dilakukan hanya dengan duduk depan komputer dan berseluncur di dunia maya untuk mencari informasi –informasi penting. Tak harus membuka buku.

    1. Virtual class
Selain belajar dikelas, murid pun dapat belajar dan berdiskusi dengan suatu kelompok untuk membahas suatu pelajaran hanya dengan duduk depan komputer. Pelajaran disini menggunakan visualisasi web. Semua murid akan dipertemukan dalam  suatu forum yang ada di web.

2.       Bidang Penjualan

    1. Bar codes untuk harga  

Dengan teknologi, kini kita bisa megecek informasi dan harga barang hanya dengan mengarahkan scanner ke barcode. Tanpa harus membuka daftar harga yang biasanya berbentuk buku.

    1. Shipping
Kini dengan teknologi kita bisa belanja dan membayarnya dengan mudah dan tinggal menunggu barang sampai di alamat kita.

    1. E-commerce
Dengan teknologi, sudah banyak bermunculan situs –situs untuk berjual beli. Ini membuat pengguna nya merasa lebih nyaman dan efisien. Tapi E-Commerce tidak terjamin keamanannya.


Bidang Hukum

1.                                 1.   National Fingerprint files

                    Dengan alat pendeteksi sidik jari ini, maka dapat dengan mudah mencari identitas pelaku                     atau korban. Dan juga dapat dijadikan sebagai barang bukti.

2.                                    2.  National files on criminal

                    Dengan teknologi ini maka semua data orang yang mempunyai catatan kriminal, akan                          disimpan dalam sebuah database tertentu.

3.                                        3.  Computer modelling of DNA

          Dengan teknologi DNA ini, maka dapat membantu mengungkap pelaku kejahatan                    ataupun korban hanya dengan mencocokkan DNA nya saja.

Bidang Tranportasi

  1. Mobil,dll
Perkembangan teknologi membuat kendaraan – kendaraan di masa ini terlihat canggih, karena semua sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Seperti penggunaan ABS, Injeksi dan masih banyak yang lainnya.

  1. Monitor air traffic
Dengan teknologi ini yang dikolaborasikan dengan satelit, maka radar di ATC atau air traffic control yang biasanya ada dibandara akan lebih mudah melihat lalu lintas yang berada di udara, guna mengurangi resiko kolisi atau tabrakan.


  1. Global Positioning System (GPS)
Kini semua perangkat mobile atau perangkat canggih lainnya, sudah mempunyai teknologi GPS. Teknologi ini memungkinkan kita untuk menemukan lokasi dengan mudah.

Bidang Keuangan

    1. Record keeping
Dengan teknologi, maka catatan transaksi anda dapat dipantau dengan online.

    1. Phone banking
Kini ingin transfer ataupun yang lainnya dapat menggunakan perangkat Mobile anda, tanpa harus mendatangi ATM atapun Bank.

    1. SMS banking
Dengan SMS Banking , kita dapat melakukan transaksi banking hanya dengan mengetikkan perintah tertentu dengan menggunakan fitur SMS.

    1. Internet banking
Dengan mengguankan internet , kita dapat melakukan transaksi hanya dengan mengkoneksikan laptop atau pc kita ke internet.

    1. Credit Card
Berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah, namun dapat dicicil setiap bulannya dengan ketentuan tertentu.

    1. Flazz
Hampir sama dengan credit card, kartu ini berfungsi sebagai alat pembayaran di beberapa instansi ataupun fasilitas umum. Seperti bayar jalan tol, atau bayar parkir.

Robotika

1.       Pekerjaan berbahaya bagi manusia

Untuk pekerjaan yang berbahaya bagi manusia, kini sudah berkembang teknologi robotika, dengan robot maka resiko yang seharusnya tertuju pada manusia, kini bisa dialihkan ke sebuah robot.



2.        Pabrik
Sebuah pabrik biasanya berisi mesin – mesin besar untuk memproses barang-barang tertentu. Dengan teknologi robot,maka manusia hanya perlu mengendalikan mesin tsb dengan komputer.

3.        Kedokteran
Dalam dunia kedokteran , kini sudah ada teknologi operasi dengan menggunakan robot. Ini berguna jika dokter ahli sedang tidak ada ditempat, sedangkan pasien dalam kondisi kritis. Dengan alat ini,maka dokter ahli hanya perlu mengendalikan komputer dari jarak jauh untuk mengoperasi pasiennya dengan media robot.

Pemerintahan

  1. E-goverment
Electronic goverment berguna untuk malkukan tugas – tugas kantor atau pemerintahan dari jarak jauh.

    1. Perpanjangan SIM online
Dengan teknologi, kini perpanjang sim tak harus mengantri di Polres lagi, ini membuat pengguna nya lebih efisien terutama waktu dan tenaga.

    1. Proses Imigrasi
Dengan teknologi, proses imigrasi dapat dikaukan dengan cepat dan mudah tanpa harus mengantri lama-lama dikantor imigrasi.

    1. Pajak
Kini membayar pajak tak harus datang kekantor pajak, bisa menggunakan media-media tertentu untuk membayarnya seperti kantor pos, dll.

    1. Ramalan Cuaca
Dengan teknologi, Cuaca dapat diprediksi dengan mudah dengan bantuan satelit, yang divisualisasikan di komputer. Biasanya digunakan di BMG.

Kesehatan

    1. Monitor pasien
Digunakan untuk mengawasi kondisi pasien, dengan satu monitor maka semua informasi dapat ditampikan, seperti tekanan darah, jantung, dll. Biasanya digunakan di ruangan ICU.

    1. Diagnosis Penyakit
Hanya dengan menyebutkan gejala – gejala yang pasien rasakan, kini teknologi dapat membantu menyimulkan pasien sedang terkena penyakit apa.

    1. Smart Card pasien
Kini pasien tak harus capek- capek menunggu pendaftaran dan registrasi yang rumit saat dirumah sakit, hanya dengan menggunakan smart card, maka kita hanya tinggal daftar dan menunggu dipanggil keruangan.

JENIS TIK DALAM BISNIS

A. E-Commerce, merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
Tipe-tipe model bisnis e-commerce:

1. Penjualan online 2. Sistem tender elektronik
3. Lelang dengan harga beli
4. Affiliate marketing
5. Viral marketing
6. Group purchasing
7. Lelang online
8. Personalisasi
9. Pasar elektronik (e-market) dan exchange
10. Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
11. Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
12. Broker informasi
13. Pertukaran barang (barter)
14. Keanggotaan
15. Fasilitator rantai pasokan (supply chain)

B. Konsultan IT, Menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Tugas khusus yang dilakukan oleh konsultan IT meliputi:

  1. Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan
  2. Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
  3. Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya
  4. Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client)
  5. dan sifat dasar dari bisnisnya
  6. Bepergian ke tempat customer
  7. Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client
  8. Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan
  9. Menganalisa kebutuhan IT dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan IT
  10. Men-develop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru
  11. Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan
  12. Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
  13. Membeli sistem jika cocok
  14. Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru
  15. Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer
  16. Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain
  17. Mengenali potential client, membangun dan memelihara hubungan
C. Software House, yaitu seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO  (search engine optimization), serta bisa untuk semua jenis usaha (Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

Sumber refernsi :

  1. http://cybernetix.or.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=105:job-descseorang-pekerja-it&catid=20:nonkategori&Itemid=81
  2. http://www.ristek.go.id/?module=News%20News&id=22
  3. http://mungkee.wordpress.com/2010/10/01/jenis-dan-tipe-bisnis-di-bidang-tik/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar