Rabu, 04 Januari 2012

MAKALAH BERSOSIALISASI


BAB 1
PENDAHULUAN


A.     Latar belakang masalah
Saat ini banyak sekali masalah bersosialisasi baik dari segi bersikap dan bergaul,masalah bersosialisasi ini terjadi disemua kalangan baik kalangan remaja dan kalangan orangtua,tetapi masalah bersosialisasi ini lebih banyak terjadi di kalangan anak remaja. Untuk itu makalah ini difokuskan untuk masalah bersosialisasi pada kalangan remaja,masalah bersosialisasi dikalangan remaja ini harus diatasi karena bersosialisasi sangatlah penting dikehidupan bermasyarakat. Masalah bersosialisasi banyak terjadi dikalangan anak muda dikarenakan kalangan remaja adalah masa dimana seorang individu mencari jati dirinya,masa dimana seseorang berada didalam masa labil,masa dimana seseorang memerlukan panutan untuk dijadikan contoh. Tapi dalam hal pencarian panutan ini,banyak sekali terjadi kesalahan. Banyak sekali orang-orang yang salah dalam mencari panutan,yang akhirnya mengakibatkan ia salah dalam pergaulan. Kesalahan pergaulan ini yang menyebabkan seseorang terjerumus dalam hal-hal yang negatif yang sangat jauh dari positif. Untuk itu bersosialisasi sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat,karena salah bersosialisasi sangatlah berakibat fatal dalam kehidupan bermasyarakat. Semua itu diawali dari cara seseorang bersikap didalam bersosialisasi , karena sikap sangatlah berpengaruh dalam bersosialisasi,karena salah bersikap akibatnya adalah bisa diasingkan bahkan diabaikan dari suatu kelompok dalam bersosialisasi itu,dan dalam kedaan seperti itu seseorang akan beralih kedalam perbuatan negatif. Hal yang menjadi masalah dalam bersosialisasi berikutnya adalah bergaul,bergaul juga sangatlah penting dalam bersosialisasi , karena jika seorang salah dalam pergaulan maka seseorang itu akan terjeremus dalam hal yang justru akan merugikan dirinya dan individu disekelilingnya, namun jika seseorang benar dalam memilih pergaulan maka seseorang itu akan bermanfaat untuk dirinya dan individu disekelilingnya.

B.Rumusan masalah
  Dalam perumusan masalah ini penulis akan merumuskan tentang:
1.      Apa itu bersosialisasi
2.      Apa guna bersosialisasi
3.      Mengapa harus bersosialisasi   
4.      Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat
5.      Bagaimana cara bersikap yang benar
6.      Bagaimana cara bergaul yang benar
7.      Bagaimana cara memilih pergaulan yang baik


C.Tujuan penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar seorang individu dapat bersosialisasi dalam bermasyarakat. Dan dapat memilih sikap dan pergaulan yang baik dan benar dalam bersosialisasi,karena bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Dan juga agar seseorang tau apa manfaat sosialisasi.

D.Metode penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah menggunakan metode pustaka yaitu penulis menggunakan media pustaka dalam penyusunan makalah ini


BAB II
PENTINGNYA BERSIKAP DAN BERGAUL DALAM BERSOSIALISASI

A.     Apa itu bersosialisasi

Bersosialisasi banyak diartikan begitu banyak , Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli

1. Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.

2. Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

3. Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

4. Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.  
5. Prof Dr. Nasution, SH
Sosialiasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial.

Berarti dari semua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sosialisasi adalah sebuah proses dimana seseorang bergabung dan membiasakan diri didalam suatu lingkup kelompok masyarakat baik dalam skala besar maupun kecil. Dan juga dapat disimpulkan dari pengertian diatas bahwa sosialisasi adalah suatu proses yang sangat penting untuk kehidupan suatu individu.




B.     Apa guna bersosialisasi

Sosialisasi sangatlah berguna dan berpengaruh dalam kehidupan seseorang . karena dari bersosialiasilah seseorang dapat hidup sukses bahkan tidak sukses,kegunaan sosialisasi adalah sebagai berikut :

1.      Sebagai alat komunikasi yang jelas di masyarakat dan dikehidupan:

Didalam masyarakat sosialisasi sangatlah penting,karena sosialisasi bisa jadi alat penghubung antara suatu individu dan individu lainnya,tanpa seseorang bersosialisasi maka seseorang itu takkan bisa apa-apa,karena sesungguhnya manusia adalah makhlik sosial yang didalam hidupnya harus membutuhkan bantuan orang lain,tanpa ada orang lain dihidup kita , maka seseorang itu takkan bisa bertahan hidup,dan akan buta akan informasi.

2.      Sebagai pembangun kehidupan dan kesuksesan

Sosialisasi juga dapat berfungsi sebagai pembangun kehidupan dan kesuksesan,mengapa demikian? Contoh : jika seseorang produsen ingin menjual sesuatu produk , maka konsumen lah yang akan membeli produk. Dan dari hasil itu,maka produsen akan mendapatkan keuntungan yang banyak.
Untuk itulah,sosialisasi sangatlah penting untuk kehidupan. Karena sosialisasi jugalah yang dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih berkualitas.

3.      Menjadi sarana melatih diri agar lebih percaya diri

Bersosialisasi ternyata juga dapat membuat seseorang menjadi percaya diri dihadapan publik, seseorang yang sering berkomunikasi dimuka umum,biasanya akan lebih percaya diri dalam melakukan suatu hal dan lebih percaya diri dalam melakukan suatu hal yang tidak biasa dilakukan orang lain. Itu dikarenakan seseorang yang sering bersosialisiasi dimuka umum lebih terlatih baik secara verbal,mental dsb. Maka dari itu orang yang sering bersosialisasi lebih percaya diri dibandingakan dengan orang yang jarang bersosialisasi.


                                                
Dan masih banyak lagi kegunaan dari bersosialisasi,semua itu dapat kita lihat sendiri dalam kehidupan kita sehari-hari.






B.     Mengapa harus bersosialisasi

Mengapa kita harus bersoialisasi? Karena dengan bersosialisasilah kita bisa terhubung dengan dunia luar,dunia liar disini adalah kehidupan yang berada disekitar kita. Dengan bersosialisasilah kita bisa mendapatkan suatu informasi yang sangatlah berguna untuk diri kita dan untuk individu disekitar kita, dengan bersosialisasi pula seseorang dapat sejahtera dalam kehidupannya, dan karena bersosialisasi pula seseorang dapat dengan mudah bertukar ilmu, tanpa bersosialisasi kita akan sangat sulit untuk mendapatkan ilmu, dsb. Tetapi kita juga harus berhati-hati dalam bersosialisasi karena sosialisasi juga dapat menjatuhkan kualitas hidup kita,jika kita salah dalam bergaul dan bersosialisasi dalam masyarakat.

C.     Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat

Bagaimana bersosialisasi dimasyarakat? Cara bersosialisasi didalam masyarakat itu mudah,hanya dengan percaya diri dan kemauan dari diri kita untuk mau berhubungan dengan dunia luar atau dunia yang ada disekitar kita.

1.      Mengembangkan bakat untuk berbicara kecil dan memiliki beberapa topik siap untuk  kita bicarakan dimuka umum,dengan kita menyiapkam topik untuk bersosialisasi maka kita takkan kehabisan topik pada saat bersosialisasi. Dengan keadaan kita yang tak pernah kehabisan topik ini,maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa nyaman disamping kita.

2.      Tanyakan pertanyaan terbuka untuk memungkinkan orang lain untuk mendiskusikan latar belakang, kisah-kisah pribadi, pekerjaan atau hiburan. Dengarkan dengan saksama dan mengganggu hanya untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi.Orang akan berpikir Anda seorang komunikator yang sangat baik bahkan jika semua yang Anda lakukan adalah mendengarkan.


3.      Menyisipkan sedikit  humor disaat pembicaraan,dengan menyisipkan humor disaat bersosialisasi maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang asyik untuk diajak berbicara,karena menyisipkan humor dalam pembicaraan. Tetapi kita juga harus bisa membedakan mana saat serius atau tidak serius,jika dalam keadaan serius lebih baik anda tidak menyisipkan humor disaat pembicaraan.

4.      Hormati orang lain ketika Anda berbicara.Jika Anda melihat orang lain melipat lengan mereka atau mengambil langkah dari Anda, Anda mungkin akan mendapatkan tidak nyaman. Untuk itu kita harus menjaga tatakrama dan sopan santun pada saat bersosialisasi. Karena dengan sopan santun aknda akan mendapat nilai lebih dimata orang lain.



5.      Senyum , walaupun anda dalam keadaan sesulit apapun pada saat bersosialisasi, anda jangan pernah lupa dengan suatu hal yaitu “senyum”. Karena dari senyumlah seseorang dapat melihat anda adalah sosok pribadi yang bijaksana dan sabar dalam menerima masalah.

6.      Berkomunikasi dengan baik dan benar , dengan berkomunikasi yang baik dan benar dalam bersosialisasi maka seseorang akan mengetahui bahwa anda adalah sosok yang disiplin.


D.     Bagaimana cara bersikap yang benar

Bersikap dalam suatu lingkup sosialisasi adalah hal yang sangat kompleks,karena dari sikaplah seseorang dapat mengetahui apakah kita sosok yang baik atau tidak baik, kesalahan dalam bersikap akan membuat kita dijauhi bahkan diasingkan dari suatu lingkup masyarakat, tetapi jika kita benar dalam bersikap,maka akan banyak hal positif  datang untuk kita,diantaranya adalah dukungan dari masyarakat disekitar kita untuk kita . bersikap yang benar dalam bersosialisasi diantaranya adalah menjaga etika dalam bersikap dan berbicara, etika dalam bersikap dan berbicara akan sangat menentukan apakah diri kita yang sebenarnya. Selain etika,adalagi yang harus kita perhatikan dalam bersosialisasi yaitu sopan santun,hampir sama dengan etika namun hal ini lebih serius karena jika kita tidak sopan santun dalam bersosialisasi maka kita akan dapat teguran dari orang disekitar kita. Untuk itu kita harus menjaga cara bersikap yang benar dalam sosialisasi.

E.      Bagaimana cara bergaul yang benar

Tata cara bergaul yang benar akan membawa kita kedalam hal yang positif tapi sebaliknya,jika kita salah bergaul akan membawa kita kedalam kehancuran untuk diri kita sendiri bahkan untuk orang lain, inilah beberapa cara bergaul didalam masyarakat

  1. Jangan suka meminjam barang teman anda kecuali terpaksa, karena jika anda terlalu sering meminjam , itu akan membuat anda dimata orang menjadi negatif
  2. Jangan menghutang sama teman kecuali terpaksa, jangan jadikan teman anda sebagai Bank  tempat anda meminjam.boleh saja menghutang tetapi anda harus tepat pada saat membayar,agar tidak mengurangi rasa percaya teman anda kepada anda
  3. Jangan terlalu banyak meminta sama temen.justru kitalah yang harusnya sering memberi kepada teman kita.
  4. Hormati teman selagi dia menghormati anda, dan tinggalkan teman kalau sudah tidak menghormati eksistensi anda. apalagi teman yang akan menjerumuskan anda ke jurang kemaksiatan dan kemelaratan tentunya.itu hanya akan membuat anda “jatuh”

5.      Tidak usah terlalu pilih – pilih teman, karena suatu saat temen yang awalnya anda pandang tidak bermanfaat suatu saat dia bisa jadi teman yang siap membantu kesulitan anda.tetapi tidak ada salahnya untuk anda berhati-hati memilih teman agar kita tidak terjatuh dalam kehancuran
  1. Bercanda itu penting tapi jangan pernah bercanda yang mengandung kata – kata hinaan apa lagi kata itu anda ucapkan berulang kali, karena jika anda lakukan maka teman yang anda hina pasti akan berkurang rasa hormatnya kepada anda , karena dia sudah menganggap anda simulut besar dan suka menghina. sebaiknya anda bisa membatasi canda anda!
  2. Jika ada temen  bertamu kerumah anda, maka terimalah dia dengan senyumman, karena hal itu akan di ingat sampai dia bertamu kembali.dan hal itulah yang akan membuat anda bernilai positif dimata teman anda.
  3. Buat nyamanlah teman anda, jangan sampai dia merasa tidak nyaman ketika anda berada di sampingnya.karena jika sudah tidak nyaman,ia akan pergi menjauh dari anda.
  4. Jangan pernah berfikir jika anda sudah tidak membutuhkan bantuan seorang teman. karena datangnya masalah bisa diluar dugaan anda.
F.Bagaimana cara memilih pergaulan yang baik
Memilih pergaulan yang baik adalah pintu anda menuju diri anda yang positif dan sukses,memilih pergaulan yang baik harus dimulai dari diri anda sendiri,tanpa harus mengikuti ajakan teman atau oranglain. Berikut adalah cara memilih pergaulan yang baik.
1.      Selektif dalam memilih
Dalam memilih pergaulan,kita harus selektif dan akurat,karena ini teman sangat    berpengaruh untuk diri anda,tetapi sifat selektif anda itu jangan sampai terlihat oleh siapapun,karena sifat selektif itu akan membuat anda tidak akan mendapatkan teman.
2.      Bebas NARKOTIKA

pergaulan yang baik adalah teman yang sehat,dan bebas narkotika. Narkotika hanya akan membuat diri anda hancur berantakan,dan akhirnya diri anda sendiri yang akan rugi. Narkotika takkan pernah membuat hidup anda lebih baik,narkotika akan terus menggerogoti hidup anda. Untuk itu pilih pergaulan sehat.

3.      Bebas SEX

Sama seperti narkotika,sex hanya akan membuat diri anda rugi. Jika anda terkena penyakit HIV&AIDS mungkin anda sudah tak punya masa depan lagi. Orang tua anda tidak melahirkan anda dengan niat dan tujuan agar anda tidak punya masa depan. Untuk itu banggakan orang tua anda dengan pergaulan yang sehat dalam bersosialisasi.

4.      Ikut organisasi yang sesuai minat anda

Daripada anda terjatuh dalam pergaulan yang salah,lebih baik anda melibatkan diri anda kedalam suatu organisasi yang sesuai minat anda dan juga bertujuan positif tentunya. Itu akan membuat anda lebih baik,dan organisasi itu pula yang mungkin akan bisa menggali potensi dan bakat terpendam anda.



KESIMPULAN

Dari masalah ini,dapat disimpulkan bahwa kemampuan seseorang dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan suatu sesorang tersebut. Dan juga kesalahan dalam bersosialisasi akan membuat seseorang itu akan menjadi lebih buruk daripada seseorang yang benar dalam memlih pergaulan dalam bersosialisasi. Jadi sikap dan pergaulan anda dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh untuk hidup anda.


SARAN

Lebih baik berhati-hati dalam memilih pergaulan, sayangi diri anda. Janganlah terburu-buru dalam memilih pergaulan , karena dalam keadaan terburu-buru anda tidak akan bisa memilih keputusan dengan baik. Selektif dalam memilih pergaulan, dan jaga sopan santun anda dan ingat,jangan pernah lupa untuk SENYUM.


DAFTAR PUSTAKA


http://www.anakciremai.com/2009/10/makalah-sosiologi-tentang-pemuda-dan.html

http://mamahizmi.wordpress.com/2009/10/22/contoh-makalah-sosiologi/

http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1943452-pengertian-sosialisasi/

http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1809954-sosialisasi/

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.ehow.com/how_2273271_socialize.html

http://taryonosantoso.wordpress.com/tips-jadi-cewek-yang-baik-dan-disukai-cowok/cara-bergaul-yang-baik/

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081221142733AAMFxdJ

http: www.dhiasitsme.wordpress.com












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar