Sabtu, 20 Oktober 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA

Dijaman yang serba canggih ini banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat , salah satu contoh perkembangan teknologi yang saat ini paling banyak manfaatnya adalah Teknologi Internet , hampir semua orang mengenal Internet mulai dari anak SD sampai umur Lansia. teknologi internet "menjamur" dengan cepat dimasyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia. Semua kemajuan jaman ini hendaknya disikapi dengan Bijak dan Positif,jangan sampai semua kemajuan jaman ini justru merusak moral pengguna nya. semua itu tergantung kepada pengguna itu sendiri bagaimana ia menyikapi kemajuan ini,bisa dengan hal positif dan juga hal negatif. lalu apa saja-kah Kelebihan dan kekurangan Teknologi Internet dan new media dibidang-bidang tertentu? disini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan teknologi internet dan new media dalam bidang : Hiburan,Media sosial,Edukasi, dan Informasi.

1. HIBURAN

Teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.

Kelebihan : Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.

Kekurangan : Membuat waktu kosong jadi sia-sia hanya dengan bermain game online,seharusnya masih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan dibanding hanya dengan Bermain Game

2. MEDIA SOSIAL

Mungkin dibidang ini adalah salah satu teknologi internet yang paling banyak pengguna nya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti : Facebook,Twiter,skype,dan masih banyak lagi. disebut sosial karena dengan teknologi ini anda dapat Bersosialisasi bersama banyak orang yang andal kenal bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya.

Kelebihan : Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.

Kekurangan : Bisa berpotensi tindak kejahatan via jejaring sosial,mulai dari perampokan,pencurian,penipuan,bahkan pembunuhan jika pengguna nya tidak waspada dalam menyikapi jejaring sosial nya.

3. EDUKASI

Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.

Kelebihan : Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas.

Kekurangan : Terlalu sering belajar dari internet membuat pengguna nya cepat jenuh dan bosan saat harus belajar langsung tanpa internet. dan menurunkan minat baca Buku.

4. INFORMASI

Di internet bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali, mulai dari kompas.com,yahoo.com,viva news dsb. mulai dari informasi gaya hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya tersedia di internet

Kelebihan : Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh Dunia.

kekurangan : terlalu banyak spekulasi yang tidak jelas dan tidak pasti di beberapa situs. membuat pengguna nya malas membaca media informasi seperti koran, karena pengguna berpikir Internet lebih Cepat. tetapi semua informasi di Internet belum tentu akurat, semua itu kembali lagi kepada diri kita bagaimana kita bisa memilah-milah antara informasi yang akurat atau tidak.





Jumat, 05 Oktober 2012

PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA

Disini saya akan mencoba membahas sedikit tentang apa itu Pengantar teknologi internet dan new media.  Pertama kita bahas mengenai pengertian dari teknologi internet. Teknologi merupakan cara untuk mencapai tujuan yang lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan cara primitif yang digunakan sebelumnya. Teknologi lebih berbau ke kehidupan modern atau sekarang dan masa depan. Tanpa teknologi, cara berpikir dan tingkah laku masyarakat akan tetap ketinggalan zaman dan lebih sulit. Jadi, teknologi membantu manusia dalam menjalani kelangsungan-hidupnya dan member kenyamanan bagi hidup manusia.
 
            Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti hubungan antar beberapa jaringan, yang dapat pula diartikan sebagai sistem global(dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP). Para pengguna internet bisa berbagi informasi satu sama lainnya, mulai dari teks, gambar, audio, video, dan lainnya dengan mudah. Waktu dan jarak pun menjadi tidak begitu berarti.
            Nah, sekarang yang kita bahas, apa itu new media? New media merupakan istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir dari abad ke-20. Yang membedakan new media dengan traditional media adalah digitalisasi konten ke bit. Contohnya, new media mengulurkan kemungkinan on-demand akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar konten media.
           
            Teknologi internet dan new media, memberikan potensi untuk demokratis postmodern ruang publik, dimana warga Negara dapat berpartisipasi dalam debat baik informasi, non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. New media sebagai teknologi komputer digunakan sebagai platform distribusi, merupakan objek budaya yang menggunakan teknologi computer digital untuk distribusi dan pameran. Misalnya, internet, situs web, multimedia computer, blu-ray disk,  dan lain-lain.
DEFINISI
Konsep dasar dari New media adalah suatu media baru dimana media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New media dapat diartikan sebagai suatu media sosial yang dapat mempermudah seseorang untuk menerima atau memberi suatu informasi. Teknologi yang paling digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Contoh dari macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial, Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi secara  digital.
     
Menurut Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New media didefinisikan menjadi delapan bagian, adapun 3 bagian diantaranya adalah :
Ø        Media baru vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
Ø    New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang  berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.
Ø    New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya.
             PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan sebuah sarana baru yang dapat membantu kita untuk meningkatkan interaksi sosial dengan manusia lainnya dengan menggunakan berbagai macam alat digital seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Smartphone juga bisa dikatakan sebagai perangkat keras new media selain komputer PC. Pengguna Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengguna Ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah saja, dimana dengan Smart Phone dan bantuan koneksi internet, kita dapat lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar saat ini. Saya sebagai salah satu contoh pengguna sarana new media, yaitu Blog dan Situs Jejaring Sosial, merasakan banyak sekali manfaat yang di dapat, contohnya kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin kita tahu dan masalah yang mungkin belum kita ketahui baik itu tentang pelajaran, hiburan, bisnis, dan manfaat yang paling utama adalah akses untuk berinteraksi dengan manusia lainnya.
               KOMPONEN NEW MEDIA
                        Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial layaknya penggunaan PC dengan bantuan jaringan internet. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar, bahkan dengan manusia dari belahan dunia yang lain (global). Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita dalam hal mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internet atau pun Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
                MANFAAT NEW MEDIA
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan bagi kita, manusia, yang pada hakekatnya sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari New Media diantaranya :
Ø    Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa new media telah memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan user-generated media lainnya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna sarana new media lainnya secara global.
Ø    Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media sebagai sebuah wadah atau sebagai alat untuk para aktivis dalam menyampaikan aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak, sesuatu tentang sindiran, pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan menimbulkan sebuah perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat luas. Mereka biasanya menggunakan sarana website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
Ø    Keamanan nasional
New Media juga baru-baru ini menjadi "sasaran" menarik bagi para komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian mungkin akan direkayasa oleh pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, merupakan dua situs yang menarik bagi para komunitas spionase, karena setiap orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk melakukan pengecekkan keamanan nasional.
Ø    Interaktifitas dan media baru
Interaktifitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru dalam menggunakan pilihan yang berkembang mulai dari penyebaran cepat jalur akses Internet, hingga digitalisasi media dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktifitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media akan mengalami perubahan secara terus menerus karena berbagai faktor seperti selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna itu sendiri, munculnya teknologi baru yang berkembang, perubahan budaya, dll

APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
            Banyak aplikasi-aplikasi dari new media yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan manusia lain atau pun hanya untuk sekedar mencari informasi. Berbagai macam aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya :
Ø    Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring sosial ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.
Ø    Twitter
    Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.
Ø    YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang dapat diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
Ø    Wikipedia
Wikipedia, sebuah aplikasi new media yang bukan merupakan salah satu dari bentuk social networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merupakan salah satu fasilitas edukasi yang ditawarkan, dimana pengaksesannya menggunakan media elektronik seperti internet.
Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah, spesialis, dan topik topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas yang artikelnya ditulis oleh para ahli Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
Ø    Foursquare
       Foursquare, ini adalah sebuah aplikasi layanan sosial yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerakpesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
 Sumber referensi :
http://mojomakearocket.blogspot.com
http://putrikhairanikoto.blogspot.com/2011/10/pengantar-teknologi-internet-dan-new.html


Waktu Pembuatan :
Jumat 5 Oktober 2012
18:15